Jumat, 02 Oktober 2015

Cara Memasak Jagungg Bose Khas NTT

JAGUNG BOSE 




NTT yang dikenal dengan sebutan provinsi jagung, yang memang merupakan salah satu program dari Gubernur NTT. Dalam rangka mendukung program tersebut masyarakat NTT seharusnya juga turut mengambil bagian, salah satunya adalah dengan mengembangkan pangan local dan memperkenallan pangan local kepada masyarakat diluar NTT, apalagi ada beberapa pangan local NTT yang berbahan dasar jagung, salah satunya adalah “jagung bose”.
Jagung bose adalah salah satu makanan khas NTT khususnya daratan Timor, yang di dalamnya banyak mengandung  karbohidrat dan dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Bukan hanya jagung, dalam “jagung bose” terdapat campuran kacang-kacangan seperti kacang tanah dan juga kacang merah atau biasa disebut dengan kacang nasi oleh masyarakat NTT, sehingga semakin menambah kandungan gizi dalam jagung bose.
Jagung bose (kadang-kadang juga disebut katemak) rasanya tawar - seperti halnya nasi. Cocoknya disantap dengan karmanaci, daging se'i - yaitu daging sapi atau babi yang diasap - dan tumis bunga papaya. Tetapi, menurut tradisi Timor, jagung bose pantang (pemali) dimakan dengan daging se'i saja. Untuk menetralkan pemali ini, jagung bose dan daging se'i harus didampingi lawar ikan. Inilah salah satu penyebab mengapa lawar ikan akan selalu hadir dalam kuliner Timor. Lawar ikan dibuat dari teri segar (mentah) yang direndam cuka selama 10 menit, dan dibumbui irisan bawang merah, lombok, garam, serta perasan jeruk nipis.
Proses pembuatan jagung bose cukup repot. Kulit biji jagung harus dibuang dengan cara menumbuknya dan dicampur sedikit air. Jagung dicampur kacang merah, dan kemudian direbus dengan santan hingga menjadi bubur. Bila Anda disuguhi jagung bose, jangan menolaknya, sekalipun mungkin Anda kurang menyukainya. Jagung bose hanya disuguhkan kepada tamu terhormat.

Bahan Resep Jagung Bose :
  •     250 gr biji jagung yang tua
  •     500 cc santan
  •     ½ sdt garam
  •     50 gr kacang hijau
  •  
  •     50 gr kacang nasi
  •     3 lb daun labu, potong-potong 
#. Cara membuat Resep Jagung Bose(Timor):   
·         Cuci jagung, kemudian rendam dengan air bersih semalaman. Kemudian gosok-gosok jagung pada tampan hingga kulitnya terlepas (yang terlihat hanya jagung putihnya saja).
·         Rebus hingga lunak kacang-kacangan yang ingin dicampurkan dalam jagung bose. Sperti kacang hijau, kacang tanah dan juga data ditambahkan dengan kacang nasi, bersamaan dengan jagung yang telah dibersihkan tadi.
·         Masukan santan secukupnya dan aduk hingga masak.
·         Garam dapat ditambahkan langsung pada saat masakan jagung bose masih dalam
           keadaan dimasak, ataupun dapat ditambahkan saat jagung bose siap disajiakan agar  
           sesuai dengan keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar